Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Perdesaan di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung Barat

  • Dian Herdiana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Cimahi
  • Rendi Heriyana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Cimahi
  • Reza Suhaerawan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Cimahi
Keywords: Community Empowerment, Reading Culture, Rural Literacy

Abstract

ABSTRACT: COMMUNITY EMPOWERMENT THROUGH RURAL LITERACY MOVEMENT IN CIMANGGU VILLAGE, BANDUNG BARAT DISTRICT. The community in Cimanggu Village, Bandung Barat Regency has a low literacy culture. This is due to various factors starting from the factor of the village government that does not support the literacy movement aimed at policy instruments, the cultural factors of the community who regard literacy as not a necessity and the factors that come from academics who do not disseminate information about the importance of literacy. Based on the above problems, the students of Cimahi School of Public Administration (STIA Cimahi) in the community engagement service launched a program in the form of rural literacy movement. To realize this, various activities were carried out starting from visits to village governments to encourage literacy policies at the village level. Conducting counselling to the community about the importance of literacy. Conducting literacy activities in children`s play environment that encourage children to make literacy activities a necessity and culture, as well as renovating a library in the village to make it easier for the community to access literacy infrastructure in the village.

References

Adimiharja, K., & Hikmat, H. (2003). Oarticipatory research appraisal: pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Bandung: Penerbit Humaniora.

Akbar, M. F., & Anggraeni, F. D. (2017). Teknologi dalam pendidikan: Literasi digital dan self-directed learning pada mahasiswa skripsi. Jurnal Indigenous, 2(1), 28-38.

Alam, S. (2015). Membangun Perpustakaan Desa Menjadi Peletak Dasar Lahirnya Budaya baca Masyarakat di Perdesaan. Jurnal JUPITER, 14(2), 78-82.

Andina, E. (2017). Pentingnya literasi bagi peningkatan kualitas pemuda. Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial, 9(21), 9-12.

Handayani, S. (2009). Penerapan metode penelitian participatory research apraisal dalam penelitian permukiman vernakular (Permukiman kampung kota). In Seminar Nasional Penelitian Arsitektur-Metoda dan Penerapannya. Semarang: Universitas Diponegoro.

Herdiana, D. (2018). Dampak Pembangunan Perumahan Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Desa (Studi Kasus di Desa Jayamekar, Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota, 14(4), 265-280.

Irianto, P. O., & Febrianto, L. Y. (2017). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula (pp. 640-647). Semarang: Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Lombogia, B. J., Kairupan, B. H. ., & Dundu, A. E. (2018). Hubungan kecanduan internet dengan kualitas tidur pada siswa SMA Kristen 1 Tomohon. Jurnal Medik Dan Rehabilitasi, 1(2), 1-8.

Marfu`i, L. N. R. (2016). Upaya pendukung pembelajaran literasi dengan mengasah kemampuan berfikir kritis melalui teknik bibliolearnig pada siswa. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 3(2), 1-18.

Miskahuddin. (2017). Pengaruh Internet Terhadap Penurunan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Mudarrisuna, 7(2), 293-312.

Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan literasi sekolah berbasis pembelajaran multiliterasi: Sebuah paradigma pendidikan abad ke 21. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, 3(2), 216-231.

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitasi BAngsa dengan Budaya Literasi. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015 (pp. 146-156). Bengkulu.

Pratiwi, W. D. (2007). Participatory rural appraisal (PRA). Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Ritonga, S., & Andhika, W. (2012). Pengaruh media komunikasi internet terhadap pola perilaku anak di bawah umur 17 tahun. Jurnal Perspektif, 5(2), 94-100.

Rohanda, Prahatmaja, N., & Rosfiantika, E. (2014). pembinaan perpustakaan desa di Desa Dangiang dan Dawungsari Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 3(257-62).

Rohidin, R. (2012). Internet dalam konteks perpustakaan. Jurnal Pustakaloka, 4(1), 1-19.

Rohman, A. S., & Sukaesih, S. (2017). Transformasi perpustakaan desa untuk pemberdayaan masyarakat: Studi kasus di Desa Margamukti Pangalengan Bandung. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 26(2), 47-54.

Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil. (2017). Tingkat kecanduan internet pada remaja awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 110-117.

Silvana, H., & Cecep. (2018). Pendidikan literasi digital di kalangan usia muda di Kota Bandung. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 146-156.

Sukaesih, Witoto, & Sumiati. (2013). Pembinaan perpustakaan desa di Kampung Cirendeu Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 2(2), 99-106.

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154-163.

Syamsuddin. (2017). Evaluasi kebijakan ketertiban umum di Kota Palu (Studi kasus perda nomor 21 tahun 1998 tentang larangan perbuatan prostitusi dan praktik tuna susila dalam wilayah Kotamadya Palu). EJurnal Katalogis, 5(12), 185-191.

Vanbela, V. T., Fuad, N., & Martini, A. (2018). Evaluasi program gerakan literasi sekolah di SDN Rorotan 05 Kota Jakarta Utara. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 1-13.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 325-343.

Yusup, P. M., & Saepuddin, E. (2017). Nilai-nilai praksis perpustakaan desa dan perpustakaan masyarakat di Jawa Barat. Record and Library Journal, 3(2), 172-188.

Zaidannas, A. (2017). Kesenjangan pendidikan literasi digital dengan kemudahan akses ─▒nternet. Retrieved April 27, 2019, from http://projectchild.ngo/blog/2017/08/07/kesenjangan-pendidikan-literasi-digital-dengan-kemudahan-akses-internet

Published
2019-12-16
How to Cite
Herdiana, D., Heriyana, R., & Suhaerawan, R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Perdesaan di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 431-442. https://doi.org/10.30653/002.201944.208
Section
Articles