Implementasi Kebijakan Harm Reduction untuk Meningkatkan Moral Knowing tentang Narkotika pada Siswa SMA di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara

  • Indra Kumalasari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Labuan Batu
  • Ika Chastanti Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Labuhan Batu
  • Muhammad Yusuf Siregar Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Labuan Batu
Keywords: Harm Reduction, Moral Knowing, Narcotics

Abstract

HARM REDUCTION POLICY IMPLEMENTATION TO IMPROVE MORAL KNOWING ABOUT NARCOTICS IN HIGH SCHOOL STUDENTS IN REGENCY OF LABUHANBATU UTARA, NORTH SUMATRA.
Narcotics are drugs or substances that are usually used for health purposes. Self-destructive behavior that often occurs at this time is the use of narcotics among students due to the low Moral Knowing students about narcotics. This community service aims to improve students' Moral Knowing about narcotics by implementing the Harm Reduction policy by using Cognitive Behavior Therapy counseling and Peer Educators by applying Brainstorming. This community service was carried out at SMA Negeri 1 Kualuh Hulu and SMA Negeri Kualuh Selatan, Labuhanbatu Utara Regency. The results showed a change in behavior in students who became abusers of cannabis type narcotics who were given CBT counseling and there was an increase in students' knowledge about narcotics applied by Peer Educators.

References

Azka. (2017). Penerapan cognitive behavior therapy (CBT) untuk meningkatkan self-regulation pada pengguna amphetamine di Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Lido Sukabumi. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Kedirgantaraan (SENATIK), 3, 138-142.

BNN. (2013). Narkoba cederai anak bangsa. Retrieved August 5, 2019, from https://bnn.go.id/narkoba-cederai-anak-bangsa/

Chastanti, I., & Kumalasari, I. (2018). Analisis moral knowing siswa tentang narkotika dalam implementasi pendidikan nilai karakter. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(3), 147- 152.

Mardani, H. (2008). Penyalahgunaan Narkoba dalam perspektif hukum Islam dan hukum pidana nasional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nawawi, B. (2010). Kebijakan penanggulangan hukum pidana sarana penal dan non penal. Semarang: Pustaka Magister.

Notoatmodjo, S. (2005). Promosi kesehatn teori dan aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Osman, A. Z. (2008). Keefektifan Cognitive Behaviour Therapy (CBT) untuk menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup tahanan/narapidana penyalahguna Napza di rumah tahanan kelas I Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sihite, P. J., Nugroho, D., & Dharmawan, Y. (2017). pengaruh edukasi kesehatan reproduksi terhadap pengetahuan siswa tentang triad KRR (seksualitas, HIV/AIDS, dan Napza) di SMK Swadaya Kota Semarang tri wulan II tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 237-246.

Soedjono. (2000). Patologi sosial. Bandung: Alumni.

Sudiyanto, A. (2007). Bimbingan teknis psikoterapi: Cognitive behavioral therapy (CBT). Surakarta: FK UNS.

Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Published
2020-02-14
How to Cite
Kumalasari, I., Chastanti, I., & Siregar, M. (2020). Implementasi Kebijakan Harm Reduction untuk Meningkatkan Moral Knowing tentang Narkotika pada Siswa SMA di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 18-25. https://doi.org/10.30653/002.202051.221
Section
Articles