Website Desa Sebagai Media Inovasi Desa di Desa Bernung Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung

  • Simon Sumanjoyo Hutagalung Universitas Lampung
  • Dedy Hermawan
Keywords: e government, inovasi desa, pemerintahan desa, aparatur desa

Abstract

Permasalahan prioritas dalam pengelolaan website pemerintah desa di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung adalah aspek mutu pengelolaan layanan dan pemanfaatannya sebagai media promosi pariwisata. Secara lebih spesifik kondisi tersebut terkait dengan dua aspek sebagai berikut; (1). Sumber daya manusia, khususnya dalam hal kapasitas dan kualitas aparatur desa serta pengelola website pemerintah desa, dan (2). Kelembagaan, khususnya dalam ketersediaan pedoman kerja dan perangkat evaluasi pengelolaan website pemerintah desa. Metode pelaksanaan yang dilakukan menggunakan prinsip bahwa setiap inovasi yang diterima oleh Mitra (1) dan Mitra (2) sebaiknya melalui proses, mendengar, mengetahui, mencoba, mengevaluasi, menerima, meyakini, dan melaksanakan. Supaya setiap proses berlangsung dengan baik, maka penyampaian inovasi kepada Mitra ditempuh melalui tahapan penjelasan, diskusi, praktek serta dilakukan tahapan pendampingan.

 

Pada akhirnya diperoleh kesimpulan bahwa telah dipahaminya konsep pengelolaan Website desa, proses dan mekanisme pengelolaan pengelolaan Website desa serta pentingnya peran aktif aparatur desa dalam pengelolaan Pengelolaan Website desa oleh para aparatur Desa di Desa Bernung dan Aparatur desa Kabupaten Pesawaran. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan jika telah meningkatnya pengetahuan dan pemahaman para Aparatur Desa dalam hal pengelolaan Website desa sebagai media inovasi desa .

Published
2020-05-19
How to Cite
Hutagalung, S., & Hermawan, D. (2020). Website Desa Sebagai Media Inovasi Desa di Desa Bernung Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.30653/002.202052.304
Section
Articles