Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Malang

  • Arif Setiawan Universitas Muhammadiyah Malang
  • Gigit Mujianto Universitas Muhammadiyah Malang
  • Akhsanul In’am Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Research Results, Scientific Articles, Training and Writing

Abstract

TRAINING AND ASSISTANCE IN WRITING SCIENTIFIC ARTICLES FOR MUHAMMADIYAH SCHOOL TEACHERS IN MALANG REGENCY.
Writing scientific papers is an obligation that must be done by a teacher in carrying out duties as a teacher. This service activity aims to train and assist Muhammadiyah School teachers in Malang Regency to carry out scientific article writing activities. The target audience for this community service activity is the teachers of SD Muhammadiyah 8 Dau Malang and SMP Muhammadiyah 6 Dau Malang. The number of target audiences in this training and mentoring activity was 20 teachers consisting of 10 teachers from SD Muhammadiyah 8 Dau Malang and 10 teachers from SMP Muhammadiyah 6 Dau Malang. The location of the two schools is located in the same place in Dau Mulyoagung Jetis Malang Regency. Based on the evaluation of training and mentoring activities, 17 teachers complete the activity bills in the form of scientific articles. Among 17 teachers, 10 teachers are from SD Muhammadiyah 8 Dau and 7 other teachers come from SMP Muhammadiyah 6 Dau. Training and mentoring activities have helped teachers of SD Muhammadiyah 8 Dau and SMP Muhammadiyah 6 Dau to write scientific articles in the form of thoughts/studies and research results.

References

Aghittara, A. O. (2016). Peningkatan keterampilan menulis cerita fiksi melalui metode eksplorasi membaca siswa kelas IV. Basic Education, 5(30), 2831-2837.

Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan menulisan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar dan taman kanak-kanak kecamatan Tajinan kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 22-26.

Amitaningsih, A. (2011). Peningkatan keterampilan menulis cerpen berbasis KUIK (Kisah, unsur intrinsik, dan khayalan) melalui model sinektik di kelas X SMA Negeri 1 Pemalang Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 4(2), 75-85.

Arta, K. S. (2019). Pelatihan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. In Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial, Vol. 2 (pp. 146-159).

Cahyani, P. A. H. I., Nurjaya, I. G., & Sriasih, S. A. P. (2016). Analisis keterampilan bertanya guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas X TAV 1 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1), 1-12.

Chairunnisa, C. (2016). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Di Sekolah Menengah Kejuruan. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 105-114.

Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan penulisan karya tulis (KTI) bagi guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249-266.

Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76-82.

Eriyanti, R. W. (2017). Koherensi pertanyaan guru pada pembelajaran. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 77-89.

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70-81.

Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.

Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk peningkatan profesionalisme guru. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47-53.

Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan kompetensi profesional guru MTs DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 273-278.

Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono, P. (2017). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah (KTI) bagi guru SMA Swasta di Sidoarjo. Jurnal Abdi: Media pengabdian kepada masyarakat, 2(2), 45-50.

Mujianto, G. (2018). Piranti kohesi dalam wacana tulis guru SMA/SMK Muhammadiyah Kabupaten Malang KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(2), 210-233.

Mulyasa, E. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Rosdakarya.

Muspawi, M. (2014). Pengembangan model kepemimpinan kepala sekolah yang berorientasi pada kinerja sekolah efektif (studi kepemimpinan Kepala SD No. 02/VII Pasar Sarolangun Kabupaten Sarolangun). Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, 16(1), 19-22.

Nalole, M. (2010). Kemampuan guru menerapkan ketrampilan bertanya pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN No. 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Jurnal Inovasi, 7(02), 33-43.

Permana, E. P., Mujiwati, E. S., Sahari, S., Santi, N. N., Damariswara, R., Mukmin, B. A., Saidah, K. (2017). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk guru sekolah dasar pada anggota gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 1(1), 53-68.

Rahmatullah, R., & Inanna, I. (2019). Pelatihan penulisan penelitian tindakan kelas bagi guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(1), 19-25.

Rusdiana, A., & Heryati, Y. (2014). Pendidikan profesi keguruan: Menjadi guru inspiratif dan inovafif. Surakarta: Pustaka Setia.

Soejoto, A., Fitrayati, D., Ghofur, M. A., & Prakoso, A. F. (2017). Pelatihan penulisan proposal penelitian tindakan kelas (PTK). Jurnal Abdi: Media pengabdian kepada masyarakat, 2(2), 51-59.

Soesatyo, Y., Subroto, W. T., Sakti, N. C., Edwar, M., & Trisnawati, N. (2017). Pelatihan penulisan proposal penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru ekonomi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 162-178.

Susantini, E., Rahayu, Y. S., Budiono, D., & Raharjo, R. (2016). Profil artikel ilmiah buatan guru pada pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru-guru di SMP Lab School Surabaya. Jurnal Abdi: Media pengabdian kepada masyarakat, 1(1), 1-7.

Published
2021-08-06
How to Cite
Setiawan, A., Mujianto, G., & In’am, A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3), 780-795. https://doi.org/10.30653/002.202163.660
Section
Articles