Pengembangan Kompetensi Guru melalui Sosialisasi dan Workshop Model Pembelajaran RADEC Berorientasi Multiliterasi

  • Wahyu Sopandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muh Erwinto Imran Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Workshop Pengembangan Kompetensi Guru, Model Pembelajaran RADEC, Pembelejaran Multiliterasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada guru-guru di Kab. Ciamis. Studi ini meneliti sikap, pengetahuan dan keterampilan guru serta bagaimana kebutuhan pelatihan kompetensi guru. Pelaksanaan pelatihan kompetensi guru yang dilakukan untuk menfasilitasi guru dalam merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi pembelajaran berorientasi multiliterasi. Pada workshop pengembangan kompetensi guru diikuti 70 guru dari berbagai sekolah dasar di kabupaten ciamis. Dalam kegiatan workshop dipaparkan berbagai isu pembelajaran pada era 4.0 dan society 5.0 dan model pembelajaran yang dapat menfasilitasi berbagai keterampilan abad 21 termasuk pembelajaran multiliterasi. Workshop pegembangan kompetensi guru dapat mendukung mereka untuk mengatasi tantangan yang mereka hadapi selama praktik mengajar. Data menunjukkan bahwa ada kebutuhan yang sangat tinggi terhadap pelatihan yang dapat membantu guru dalam menguasai berbagai keterampilan mengajar khususnya menfasilitasi pembelajaran berorientasi multiliterasi. Bebrapa data juga menunjukkan tentang kurangnya pemahaman guru terhadap model pembelajaran. Terdapat juga hasil data yang menunjukkan kurang keterlibatan siswa dalam aktifitas multiterasi baik dalam pembelajaran maupun tugas yang diberikan. Hal ini diperkuat dengan persentase aktifitas mengajar yang melibatkan siswa dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi yang masih rendah

Published
2020-08-31
How to Cite
Sopandi, W., & Imran, M. (2020). Pengembangan Kompetensi Guru melalui Sosialisasi dan Workshop Model Pembelajaran RADEC Berorientasi Multiliterasi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3). https://doi.org/10.30653/002.202053.364
Section
Articles